Sunday, January 27, 2019

Museum Soerabaja


Mungkin sebagian Traveler agak asing dengan nama Museum ini karena museum ini mememang tergolong museum baru. Museum yang terletak di Jl. Tunjungan No. 1, Genteng, Kota Surabaya ini adalah museum yang menyimpan berbagai koleksi yang berhubungan dengan kota Surabaya.

Sejarah singkat


Sebelum menjadi museum, Gedung ini adalah salah satu gedung bersejarah di kota Surabaya. Gedung ini dibangun pada tahun 1877 oleh pemerintah kolonial Belanda & berfungsi sebagai toko yang menjual bahan Tekstil & Pakaian oleh salah seorang pengusaha dari Inggris sampai tahun 1935. Toko tersebut memiliki nama "Het Englesche Warenhuis" yang memiliki arti "Toserba Inggris". Pada saat pertempuran Surabaya, gedung ini digunakan oleh para pejuang Indonesia untuk menahan serangan sekutu yang datang dari utara pada saat itu. Setelah itu para pejuang akhirnya membakar gedung tersebut supaya tidak digunakan oleh pihak sekutu. Gedung ini sempat kosong beberapa tahun seperti bangunan angker. Baru pada tahun 2000-an, gedung tersebut di renovasi & menjadi pusat perbelanjaan yang bernama Tunjungan City. Sempat kebakaran & menjadi kosong kembali akhirnya pemerintah kota Surabaya membeli gedung ini & mengubah fungsi gedung tersebut menjadi pusat pelayananan satu pintu pemerintah daerah Surabaya & selanjutnya di tahun 2005 diresmikan pula Museum Surabaya yang bertempat di salah satu bagian gedung tersebut. 

Inside Museum


Sesuai dengan namanya, museum ini berisi berbagai koleksi yang berhubungan dengan kota Surabaya. Museum ini tidak terlalu besar jadi Traveler tidak perlu datang dari pagi untuk menjelajahi museum ini. Adapun koleksi museum ini diantaranya foto walikota Surabaya dari tahun ke tahun, baju daerah Surabaya, kesenian asli Surabaya, permainan anak khas Surabaya, peralatan & barang-barang yang pernah digunakan di kantor walikota Surabaya, koleksi buku administrasi, koleksi brangkas, koleksi piala & penghargaan kota Surabaya, foto-foto Surabaya Tempoe Doeloe dan beberapa koleksi angkutan umum yang ada di kota Surabaya serta cendramata asli Surabaya.

Foto Walikota Surabaya

Pakaian daerah Surabaya


Kesenian yang ada di Surabaya
Koleksi pikoelan






Replika Pawon (Dapur)

Foto-foto Surabaya Tempoe Doeloe
Koleksi Buku Administrasi








Peralatan dari Rumah Sakit Surabaya

Angguna (Angkutan Serbaguna)

Piala & Penghargaan Kota Surabaya


Jam Buka & Harga Tiket 


Museum ini Buka dari hari Selasa sampai dengan Minggu dari Pukul 09.00-21.00. Museum ini tidak mengenakan biaya tiket masuk. 

FYI, di museum ini juga dijual berbagai macam cendramata & makanan khas Surabaya. Jadi kalau Traveler tidak sempat berkeliling kota Surabaya untuk mencari oleh-oleh museum ini menyediakan tempat khusus yang menjual oleh-oleh & cinderamata khas kota Surabaya.

1 comment:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete