Wednesday, January 9, 2019

Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH


Kalau diliat dari namanya, Traveler tidak asing dengan tema dari museum ini. Museum yang merupakan bekas rumah sakit tua & terletak di Jl. Indrapura No 17 ini adalah museum yang berisi berbagai macam-macam hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan & alat-alat yang digunakan dalam proses penyembuhan penyakit.

Inside The Museum


Museum ini memiliki 2 rute kunjungan. Rute pertama adalah Kesehatan Sejarah & Kesehatan Iptek dan Rute kedua adalah Kesehatan Budaya & Manusiawi. Rute pertama yang kita kunjungi adalah rute pertama terlebih dahulu. Pertama kali masuk museum ini, saya merasakan hawa yang cukup menyeramkan apalagi pada saat itu pengunjungnya hanya saya sendiri & walaupun saya mengunjungi pada siang hari tapi saya selalu merasakan perasaan tidak enak apalagi kondisi gedung yang tua jadi menambah keangkeran dari museum ini. 

Lobby Awal
Ruangan pertama yang Traveler kunjungi adalah ruangan Sasana Pendidikan & Organisasi Kesehatan. Disini Traveler bisa melihat koleksi milik Dr. Harijadi Soeprapto. Belia adalah perintis dari berdirinya Museum Kesehatan ini. Selain itu juga terdapat koleksi sejarah dari Instansi Kesehatan & berbagai macam alat bantu jalan mulai dari tongkat sampai kursi roda lama.

Koleksi Dr. Harijadi Soeprapto
Koleksi Sejarah Instansi

Koleksi alat bantu jalan
Koleksi kursi roda














Diruangan berikutnya adalah ruangan koleksi peralatan penunjang dunia kesehatan. Disini, Traveler bisa melihat berbagai macam alat-alat yang digunakan dalam menunjang dunia kesehatan mulai dari peralatan yang digunakan untuk memberantas malaria, Mesin Key-Punch yaitu mesin yang dipakai untuk merekam data dari input dokumen kedalam kartu-kartu (dalam bentuk kode-kode hollerith), Microreader mesin yang digunakan sebagai alat baca data dalam bentuk microfis, Microfische Box yang memiliki fungsi sama dengan microreader tapi dilengkapi dengan printer, Delincascope slide projector dengan roll film, Micro File Camera dan alat lain-lainnya.



Koleksi peralatan penunjang kedokteran
Mesin key punch
Microreader
Microfische box
Timbangan berat badan
Delincascope











Dari ruangan peralatan penunjang, ruangan berikutnya yang Traveler kunjungi adalah Ruangan Pendidikan Sex. Disini, Traveler akan menemukan berbagai macam koleksi peralatan yang berhubungan dengan sex & kehamilan mulai dari macam-macam timbangan bayi, tempat tidur kandungan, celana anti pemerkosaan dan lain-lain.



Ruangan pendidikan sex


Koleksi tempat tidur kandungan


Koleksi timbangan bayi
Ruangan berikutnya adalah Sasana Alat Medis. Sesuai dengan namanya, di ruangan ini berisi berbagai macam alat-alat medis yang digunaka di dunia kedokteran mulai dari koleksi kotak P3K, macam-macam ronsen, alat-alat yang digunakan dokter mata, mesin ketik huruf braille, alat sterilisator dan lain-lainnya.

Ruangan alat medis

Peralatan dokter mata


Kursi dokter gigi
Ruangan terakhir yang Traveler kunjungi adalah ruangan Flora & Fauna. Sesuai dengan namanya koleksi di ruangan ini adalah berbagai macam jenis flora & fauna yang sudah diawetkan.

Koleksi tumbuhan yang diawetkan

Koleksi hewan yang diawetkan
Sekarang saatnya kita menjelajahi rute berikutnya yaitu Rute Kesehatan Budaya & Kesehatan Manusiawi. Sembari menuju ke area berikutnya, Traveler akan melewati taman Apotik Hidup dimana taman ini berisi berbagai macam tumbuhan yang bisa digunakan untuk penyembuhan penyakit.

Taman apotik hidup

Dari Taman Apotik Hidup, sekarang saatnya kita menjelajahi Rute Kesehatan Budaya & Kesehatan Manusiawi. Sesuai dengan namanya, ruangan ini berisi berbagai macam hal-hal yang berhubungan dengan penyembuhan secara Tradisional atau alternatif. Rute ini terbagai dalam 4 tempat, tempat pertama bernama Sasana Penyembuhan Tradisional disini berisikan berbagai macam metode-metode penyembuhan penyakit dengan menggunakan alat tradisional atau menggunakan obat-obat yang berasal dari alam, tempat kedua bernama Sasana Kesehatan Reproduksi dimana ruangan ini menjelaskan mengenai proses biologis individu menciptakan individu lainnya, berikutnya adalah sasana genetika yang mempelajari mengenai ilmu genetika makhluk hidup dan yang terakhir adalah sasana kencana yang menyimpan berbagai macam peralatan kedokteran tradisional.



Sasana penyembuhan tradisional
Sasana kesehatan reproduksi
Sasana genetika
Sasana kencana


Saya diberitahu teman saya kalo sebenarnya ada satu ruangan khusus yang diberi nama "Dunia Lain" di ruangan ini berisi berbagai macam peralatan medis tradisional & hal-hal yang berbau mistis & seram lainnya. Tidak heran kalau julukan lain dari museum ini adalah "Museum Santet" karena adanya ruangan ini. Untuk memasuki ruangan ini dibutuhkan izin khusus dari pihak museum karena tidak sembarangan orang bisa masuk ruangan ini dikarenakan adanya keberadaan makhluk gaib yang menghuni ruangan tersebut sehingga ruangan tersebut suka dipakai untuk uji nyali dimalam hari.

Jam Buka & Harga Tiket 

Museum ini Buka dari hari senin sampai dengan Jumat dari jam 08.30-15.00 

Harga tiket: Rp. 1.500

Jadi kalau Traveler ingin mempelajari mengenai kesehatan atau sekedar uji nyali ^_^, museum ini wajib dikunjungi.

No comments:

Post a Comment