Monday, May 6, 2019

Rumah Inggit Garnasih



Mungkin sebagian dari Traveler tidak mengenal sosok Ibu Inggit Garnasih. Beliau adalah istri kedua dari Presiden pertama Republik Indonesia yaitu Bapak Soekarno dan beliau pula yang menemani Soekarno dimasa sulitnya mulai dari mendanai beliau kuliah sampai aktivitas politiknya. Walaupun sudah bercerai dengan beliau namun kecintaan ibu Inggit kepada bapak Soekarno tidak pernah hilang. Ini dibuktikan ketika bapak meninggal beliau menyempatkan diri untuk melayat. Di rumah inilah beliau menghabiskan masa hidupnya hingga wafat pada tanggal 13 April 1984. 

Inside The Museum


Hampir sama seperti Rumah Wafat W.R. Soepratman, museum ini berbentuk layaknya rumah biasa dengan ruangan-ruangannya. Mulai dari Ruang baca yang dahulu digunakan oleh Soekarno pada saat beliau masih berkuliah di THS (sekarang ITB). Di ruangan ini dulunya juga terdapat meja belajar yang dahulu digunakan oleh Soekarno untuk belajar & menulis surat kepada teman-teman seperjuangannya. Lalu ada ruang pembuatan bedak & jamu. Di ruangan inilah biasanya ibu membuat & meracik jamu & bedak yang nantinya akan dia jual kepada masyarakat sekitar. Di ruangan ini juga terdapat replika batu pipisan yang digunakan untuk membuat jamu & bedak. Dari ruang pembuatan bedak & jamu, ruangan terakhir yang Traveler kunjungi adalah ruang kamar tidur. Di ruangan ini lah ibu inggit beristirahat. Di masing-masing ruangan terdapat foto-foto & sejarah perjalanan hidup dari Ibu Inggit Garnasih mulai dari lahir sampai akhir hayatnya.

Ruang Depan

Ruang Baca

Ruang Tengah

Ruang Pembuatan Bedak & Jamu

Batu Pipihan

Ruang Tidur

Perjalanan Hidup Ibu Inggit Garnasih

Jam Buka & Harga Tiket


Museum ini buka dari jam 08.00 - 17.00 & sama seperti museum lainnya di Bandung setiap hari senin & hari libur nasional tutup. Masuk Museum ini tidak mengenakan biaya alias gratis.

Jadi ingin tahu sosok dari ibu Inggit Garnasih maka museum ini wajib dikunjungi.

2 comments:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete
  2. Keris Mini Nogososro

    Keris Mini Nogo Sosro keris ini asli hasil tarikan dari alam bukan asmak'an dan juga bukan isian, tapi asli khodam alami dari Pusaka Keris Mini Nogo Sosro, yang mempunyai banyak fungsi bagi si pemilik.

    Keris kecil tua, jarang sekali ada yang punya / langka & banyak diburu banyak orang pada masa lampau karena memiliki tuah yang jarang dimiliki oleh pusaka lain. sudah kami netralkan energinya, juga sudah kami selaraskan.

    Adapun Fungsi Wasilah Lain dari Keris Mini Nogo Sosro ini Insya Allah:

    1. Keselamatan tingkat tinggi
    2. Kewibawaan tingkat Tinggi
    3. Anti ilmu hitam dan gangguan ghaib
    4. Pembuka kepekaan mata bathin / indera ke 6
    5. Mudah menangkap pertanda atau firasat gaib
    6. Pengayom dan menumbuhkan pamor kharisma yang besar
    7. Pemanis wajah dan membuka cakra kecantikan atau ketampanan
    8. Bisa untuk polygami agar rumah tangga rukun dan tidak cekcok
    9. Pelet pemikat lawan jenis
    10. Penghilang sengkolo atau sial

    Mahar. Rp. 350.000,-

    Untuk pemesanan silahkan Telpon/sms : wa. +6282134344445

    Untuk pemesanan jarak jauh silahkan transfer maharnya ke : Bank BRI rek. 5886-01-012358-53-1 atas nama Joni Anwar

    Setelah transfer smskan nama dan alamat lengkap anda ke nomer 082134344445

    Setelah transfer kami terima paket langsung dikirim melalui Pos kilat.
    Dan akan sampai kealamat anda dalam 3-5 hari tergantung alamat yg dituju, setelah dikirim nomor resi pengiriman akan kami smskan ke hp anda agar memudahkan anda untuk mengecek keberadaan paket sampai dimana.

    ReplyDelete